-->

Cara Daftar SNMPTN 2014 Online SMA Negeri dan Swasta

Guru Baru | UN (Ujian Nasional) memang belum berlangsung namun tidak ada salahnya mempersiapkan diri untuk rencana melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri nantinya dan harus tahu informasi cara masuk PTN (perguruan tinggi negeri) tersebut dalam beberapa jalur baik SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri), SBMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri), maupun USM (ujian seleksi masuk), dalam kesempatan kali ini Guru Baru akan membahas tentang tata cara daftar SNMPTN 2014 baik itu untuk SMA Negeri maupun swasta secara online.

Dikarenakan akses akan dilakukan secara online maka sudah pasti memerlukan koneksi internet dan disarankan untuk koneksi yang cepat atau bisa ke warnet untuk melakukan pendaftaran SNMPTN 2014 sesuai dengan prosedur dan langkah-langkahnya seperti yang akan kami jelaskan disini dalam Cara Daftar SNMPTN 2014 Online SMA Negeri dan Swasta.

Pertama, silahkan menuju situs resmi dimana informasi dan tempat pendaftaran SNMPTN 2014 itu dimuat di SNMPTN.ac.id atau bisa dengan cara search di google dengan kata kunci 'SNMPTN' lalu kunjungi hasil penelusuran teratas yang muncul dengan url snmptn.ac.id.

(klik untuk memperbesar)

Dari gambar tersebut kami berikan tiga lingkaran dengan warna berbeda untuk membedakan beberapa menu yang tampil dalam halaman utama situs resmi SNMPTN 2014 dimana daftar online peserta tes SNMPTN nantinya dilakukan dengan beberapa penjelasnnya sebagai berikut.
  1. Untuk nomor 1 ditandai dengan warna merah atau bagian menu samping situs SNMPTN 2014 yang memuat 3 baris masing-masing kata pengantar, informasi SNMPTN 2014 dan juga Informasi perguruan tinggi negeri.
  2. Sedangkan untuk nomor 2 dibagian atas dengan lingkar kuning merupakan menu yang mengarah pada subdomain dimana masing-masing mempunyai fungsi khusus yakni untuk Pendaftaran SNMPTN 2014, link PDSS dan juga Halo SNMPTN.
  3. Yang dilingkari biru merupakan area konten dari beranda situs SNMPTN 2014 yang dibuka.
Baiklah untuk lebih jelasnya maka kami berikan juga beberapa langkah sebagai cara melakukan pendaftaran siswa baik SMA Negeri maupun Swasta yang akan melakukan daftar online untuk bisa menjadi peserta SNMPTN 2014, untuk rekomendasi silahkan simak dulu informasi dari web resmi SNMPTN 2014 tersebut dalam penjelasan menu 'Informasi SNMPTN 2014' dengan poin pentingnya :

Ketentuan Umum SNMPTN 2014

  • SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.
  • Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswanya.
  • Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  • Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  • Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

Ketentuan Khusus Daftar SNMPTN 2014

Persyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
  • SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS

Persyaratan Siswa Pelamar

Pendaftaran

Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir pada tahun 2014 yang:
  • mengikuti UN pada tahun 2013 atau 2014,
  • memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS,
  • memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (semester 4 untuk kelas akselerasi) yang telah diisikan pada PDSS.

Penerimaan

Lulus Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan, lulus SNMPTN 2014, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

 Untuk lebih lengkap silahkan download dokumennya disini.

Lanjut untuk berikutnya adalah tentang Cara Daftar SNMPTN 2014 Online SMA Negeri dan Swasta terutama bagi sekolah yang telah memenuhi semua ketentuan baik itu ketentuan umum maupun ketentuan khusus yang ditetapkan, dan cara daftar masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN 2014 bisa dilihat di Langkah demi Tahap Pendaftaran SNMPTN 2014 untuk Siswa.