-->

Alur Penetapan NIP untuk Lulusan CPNS oleh BKN

Guru Baru | Seperti yang dibahas sebelumnya maka kini kami akan berikan informasi terkait pemberkasan NIP bagi lulus CPNS yang baru saja mengetahui dalam pengumuman CPNS bahwa dirinya lulus dalam tes seleksi CPNS yang diikuti namun sebelumnya admin ucapkan selamat bagi bapak/ibu yang telah lulus dalam seleksi tes CPNS dan mampu unggul dibandingkan peserta lainnya.

Pada kesempatan kali ini kami tidak hanya memberikan informasi tentang Alur Penetapan NIP untuk Lulusan CPNS oleh BKN melainkan juga link download yang memuat surat-surat penting yang diperlukan oleh peserta lulusan tes CPNS yang akan memenuhi pemberkasan NIP yang menjadi syarat wajib.


Oke langsung saja, Persyaratan tambahan yang sebaiknya juga disiapkan :
1.       Fotocopy Surat Nikah (bagi yang sudah menikah) yang dilegalisir;
2.       Fotocopy Kartu Keluarga;
3.       Fotocopy Akte Kelahiran honorer yang bersangkutan dan akte anak (kalau ada);
4.       Fotocopy daftar gaji sejak awal diangkat sampai dengan sekarang;
5.       Materai Rp 6000 sebanyak 4 lembar.

Informasi tambahan yang dirilis pada hari Kamis (20/02) untuk lulusan tes CPNS Honorer K2 maka KemenPANRB melalui Sekretarisnya Tasdik Kinanto mengatakan bahwa pemberkasan NIP honorer K2 akan berlangsung hingga April 2013. Untuk itu Tasdik meminta kepada Pemda semua daerah agar memverifikasi semua berkas honorer K2 yang sudah dinyatakan lulus dengan mengacu pada PP No 48/2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS dan PP No 56/2012 tentang Perubahan Kedua atas PP No 48/2005 (silahkan Anda download 2 Peraturan Pemerintah ini sebagai referensi). 

Tambahan lainnya Untuk syarat pemberkasan, ada 6 point utama yang harus diperhatikan oleh honorer yang mengajukan pemberkasan NIP yaitu :
  1. SK Pengangkatan yang ditandatangani pejabat berwenang;
  2. Berusia maksimal 46 tahun dan minimal 19 tahun per 1 Januari 2006;
  3. Memiliki masa kerja sebagai honorer paling sedikit 1 tahun per 31 Desember 2005, dan masih bekerja hingga pengangkatan CPNS;
  4. Penghasilannya dibiayai dari Non-APBN/APBD; dan
  5. Bekerja pada instansi pemerintah;
  6. Dinyatakan lulus TKD dan TKB; dan syarat lain yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan.

Info terakhir mengenai contoh surat dan pemberkasan yang dibisa diunduh atau didownload bagi yang memerlukannya yakni :

dan  
(kota Bekasi).

Dan informasi lain akan menyusul disini, sesuai dengan perkembangan info terkait Alur Penetapan NIP untuk Lulusan CPNS oleh BKN dan hal penting lainnya yang dibutuhkan oleh bapak/ibu lulusan CPNS semuanya, dan semua persyaratan diatas harus sudah dipenuhi sebelum tanggal 30 April 2014.