-->

Cek Data Dapodik P2tkDikdas Kemdikbud

Guru Baru | Cek Data Dapodik - Karena sudah cukup lama tidak update info tentang guru maka kali ini Guru Baru blog kembali coba berikan info yang dibutuhkan oleh bapak/ibu guru akhir-akhir ini mengenai data dapodik yang harus di cek valid tidaknya secara online di situsnya P2tkdikdas Kemdikbud guna persyaratan pencairan dana tunjangan TPP untuk 3 bulan terakhir.

cek data dapodik


Namun semua tidak semudah pengurusan administrasi yang dilakukan secara offline dimana permasalahan dalam pengisian data offline terjadi pada antrian pengurusan sedangkan untuk pengecekan di situs P2tkdikdas Kemdikbud telah cukup lama tidak bisa dilakukan karena server yang bermasalah, dan selengkapnya akan coba kami ulas dalam 'Cek Data Dapodik' kali ini.

Berdasarkan pengalaman memang untuk perihal situs online pemerintah yang memuat sebuah pengumuman ditujukan untuk seluruh Indonesia atau yang bersifat nasional maka sudah tentu situs tersebut akan mengalami beberapa masalah yang secara umum akan coba dijelaskan sebagai berikut.

cek data dapodik


#Penyebab situs Cek Data Dapodik di P2tkdikdas Kemdikbud error

Seperti yang diungkapkan sebelumnya dugaan mengenai situs P2tkdikdas Kemdikbud yang error disebabkan oleh kapasitas saya tampung situs yang melebihi kuota maksimal dari server, seperti halnya sebuah penggung kecil yang didatangi oleh ribuan bahkan ratusan ribu pengunjung maka daya tampungnya akan kewalahan dan menjadi error.

#Sampai kapan situs Cek Data Dapodik di P2tkdikdas Kemdikbud error

Bila dikaitkan dengan waktu hingga situsnya cek data  dapodik yang error kembali normal tentu semua tergantung dari tingkat akses data tersebut hingga sepi pengunjung, sebab kendala utamanya adalah pengunjung namun berdasarkan pengamatan kami bahwa situs Cek Data Dapodik di P2tkdikdas Kemdikbud tak akan sepi selama penyelesaian mengenai data valid guru telah tuntas.

#Kemdikbud kurang tanggap terhadap respon Cek Data Dapodik di P2tkdikdas Kemdikbud error

Saat dikonfirmasi mengenai perihal situs yang error melaui twitter namun tidak ada tanggapan sama sekali yang kami peroleh, perhatian malah tersita oleh permasalahan Ujian Nasional SMA 2013 yang kacau akibat permasalahan pendistribusian Naskah Soal ke daerah-daerah yang menyebabkan 11 Provinsi menunda UN.

cek data dapodik


#Dunia pendidikan sedang dilema

Permasalahan demi permasalah terus mengalir dalam dunia pendidikan termasuk sulitnya akses data di situs Cek Data Dapodik di P2tkdikdas Kemdikbud yang error dan hingga kini kembali dan kembali yang menjadi korban adalah guru yang mana untuk dapat mengkonfirmasi pencairan dana tunjangan profesi masih harus melakukan valid data dapodik sedangkan situsnya tidak bisa diakses.

#Operator sekolah kerap disalahkan

Situs Cek Data Dapodik di P2tkdikdas Kemdikbud yang error memberi dampak langsung kepada operator sekolah yang kesulitan mengaksesnya sedangkan guru yang minta di cek valid datanya terus memburu untuk bisa melakukan validasi secepatnya.

cek data dapodik


#Solusi Cek Data Dapodik di P2tkdikdas Kemdikbud error

Dari beberapa penjelasan diatas, yang paling memungkinkan adalah dengan menggunakan trik-trik khusus untuk bisa mengakses data Dapodik yang error yakni mencari link alternatif situs cek data dapodik ataupun dengan melakukan akses online di jam-jam sepi pengunjung, bila masih belum bisa maka jalan terakhir adalah menunggu perbaikan dari pihak Kemdikbud nantinya, semoga bermanfaat. Lihat juga Cek p2tkdikdas.kemdikbud.go.id Data Dapodik Guru.